Senin, 08 April 2013

HUBUNGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN BUDAYA




Teknologi dalam aspek kultural yang sangat nyata saat ini dapat dilihat dari lingkup teknologi komunikasi dimana jarak komunikasi antar manusia di bumi menjadi sangat dekat, hampir tak berbatas. Dulu, cara berkomunikasi dua orang yang tinggal di negara atau bahkan kota yang berbeda saja adalah dengan menggunakan surat yang memerlukan perangko dan harus dikirim melalui pos serta memakan waktu yang tidak sebentar. Kini, untuk bertukar informasi, seseorang yang berada di Indonesia dapat berhubungan dengan temannya yang tinggal di Amerika dalam waktu yang sangat cepat dan dengan menggunakan alat yang sangat mudah. Alat komunikasi ini pun beragam, mulai dari telepon, pesan singkat lewat telepon seluler, atau mengirim email.
Dan Teknologi komunikasi sendiri memiliki hubungan dengan kebudayaan seperti berikut:
Teknokom sebagai faktor yang determinan dalam masyarakat, ia bisa menciptakan perubahan sosial dan mengubah kehidupan masyarakat, misal menjadi lebih egaliter.
Teknokom sebagai industrialisasi, ia diciptakan secar amassal dalam jumlah yang banyak.
Teknokom sebagai suatu alat baru, tidak semua efek negatif teknokom bisa dteratassi dengan baik (McOmber, dalam Abrar 2003).
Pesan teknokom adalah mendidik pemakainya untuk
Melakukan demassifikasi, tidak massal, terjadi perubahan kontrol pesan ada pada khalayak, dengan memilih informasi yang sesuai dengan keinginan mereka. Sebaliknya massifikasi, kontrol pesan ada pada produser informasi, seperti suratkabar, radio, televisi, khalayak hanya pasrah pada berita yang disiarkan.
Menyesuaikan diri, ia harus menyesuaikan diri dengan berbagai standarisasi, mulai dari petunjuk teknis penggunaaan, teknis pengiriman pesan, dan nilai nilai kemanusiaan dan makna pesan teknokom.
Meningkatkan informasi:
(a) berhubungan dengan individu di daerah/negara lain dengan cepat,
(b) menyalurkan aspirasi dan ekspresi yang menjadikan akrab satu sama lain,
(c) mengakses hasil-hasil kebudayaan yang menucul di berbagai daerah/negara lain,
(d) mengingkatkan partisipasi merekadalam kehidupan sosial politik yang menyangkut seluruh daerah/negara lain.

PERSPEKTIF TENTANG PENERAPAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Suatu organisasi/lembaga pengguna teknologi komunikasi memandang penerapan teknologi komunikasi sebagai :
1. Manajemen sistem
2. Proses birokrasi
3. Pengembangan Organisasi
4. Proses Tawar menawar
Pelaku Penerapan Teknologi Komunikasi
Dalam rangkaian sumber, penyampaian dan penerimaan informasi ada beberapa pihak yang tersangkut dan saling tergantung satu dengan yang lainnya, yaitu :
1.Pemakai
2. Perusahaan penyedia jasa telekomunikasi
3. Produsen peralatan komunikasi
4. Badan yang mengatur/mengkoordinir seluruh kegiatan komunikasi dari segi ekonomis dan teknis dalam mengadakan peraturan, standar, harga patokan, dan lain-lain.
Unsur-Unsur Penerapan Teknologi Komunikasi
Unsur-unsur teknologi komunikasi adalah :
1. Informasi, dapat berupa tulisan, suara, musik, gambar,dan data yang memiliki spektrum frekuensi dan bentuk-bentuk yang berbeda.
2. Alat yang dipergunakan untuk meneruskan informasi, dengan media transmisi dan sistem modulasi
3. Dengan cara yang sesuai,bentuk akhir ( informasi yang diterima ) harus seserupa mungkin dengan bentuk awal ( informasi yang dikirimkan ) dan dalam batas-batasdistorsi yang dapat ditolerir.
4. Dalam jumlah maupun kecepatan yang semakin meningkat melalui jarak yang semakin jauh dengan biaya yang seekonomis mungkin.




KESIMPULAN
Teknologi Komunikasi merupakan perangkat keras atau peralatan yang terdapat dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses dan saling tukar informasi dengan individu-individu-individu lain. Di jaman yang sekarang semakin maju, Teknologi akan semakin berkembang. Dengan adanya Teknologi Komunikasi akan memungkinkan bagi siapa saja yang ingin mengenali dan memahami lebih baik tentang perkembangan teknologi terutama yang berhubungan dengan komunikasi. Teknologi Komunikasi tesebar dimana saja bahkan dalam wujud yang sangat dikenali siapa saja. Tidak heran kalau misalnya di masa depan Teknologi Komunikasi semakin berkembang.

 Dalam perkembangan jaman yang semakin maju, akan bisa dipastikan bahwa perkembangan teknologi akan mengalami perkembangan. Dan dampak yang akan terjadi juga akan sangat besar bagi kehidupan manusia. akan sangat baik sekali jika perkembangan jaman dan teknologi tersebut juga dibarengi dengan kedewasaan diri dalam pemanfaatan teknologi. Karena bisa saja pemanfaatan teknologi tanpa adanya perhatian khusus dan pemahaman lebih baik akan mengakibatkan kerugian bagi diri dan orang lain seperti banyak kasus tentang korban teknologi di Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar